Tugas
ISD part 4
1. * Carilah cerita
atau legenda nusantara atau dunia yang membahas tentang pertentangan sosial
* Dari cerita tersebut
masalah sosial apa yang akan anda bahas..
* carilah solusi dari
masalah sosial tersebut
* pelajaran apa yang
anda ambil dari masalah sosial dalam cerita tersebut
2. * carilah tokoh yang
menginspirasi anda karena kepeduliannya terhadap kehidupan sosial...
* Berilah alasan
mengapa tokoh tersebut menginspirasi anda...
3. * Berilah satu contoh
jenis teknologi yang menurut anda amat sangat bermanfaat bagi
masyarakat khususnya
masyarakat indonesia lalu berilah alasannya...
* Berilah satu contoh
jenis teknologi yang pembuatannya justru mendatangkan kerugian bagi
masyarakat khususnya
masyarakat indonesia, lalu jelaskan alasannya mengapa teknologi
tersebut justru
mendatangkan kerugian...
4. * Berilah satu jenis
contoh projek atau usaha yang dapat anda lakukan untuk membuat
pemuda di indonesia
menjadi pemuda yang kreatif...
5. * Antara lingkungan
keluarga, teman, dan kampus mana yg lebih nyaman menurut anda... lalu berilah
alasannya...
* jelaskan arti penting
masing-masing arti penting bagi hidup anda dari ketiga lingkungan tersebut...
Jawaban.!
1. Kerusuhan
Mei 1998
Kerusuhan
Mei 1998 adalah kerusuhan yang terjadi di Indonesia pada 13 Mei
sampai 15 Mei 1998, khususnya di Ibu Kota Jakartanamun juga terjadi di beberapa daerah lain. Kerusuhan
ini diawali oleh krisis finansial Asia dan dipicu oleh tragedi Trisakti di mana empat mahasiswa Universitas Trisakti ditembak dan terbunuh dalam demonstrasi 12 Mei 1998.
Pada kerusuhan ini banyak toko dan perusahaan
dihancurkan oleh amuk massa terutama milik warga Indonesia keturunan Tionghoa.
Konsentrasi kerusuhan terbesar terjadi di Jakarta,
Medan dan Surakarta.
Terdapat ratusan wanita keturunan Tionghoa yang
diperkosa dan mengalami pelecehan seksual dalam kerusuhan tersebut. Sebagian
bahkan diperkosa beramai-ramai, dianiaya secara sadis, kemudian dibunuh. Dalam
kerusuhan tersebut, banyak warga Indonesia keturunan Tionghoa yang
meninggalkan Indonesia.
Tak hanya itu, seorang aktivis relawan kemanusiaan yang bergerak di bawah Romo Sandyawan,
bernama Ita
Martadinata Haryono, yang masih seorang siswi SMU berusia 18 tahun, juga
diperkosa, disiksa, dan dibunuh karena aktivitasnya. Ini menjadi suatu indikasi
bahwa kasus pemerkosaan dalam Kerusuhan ini digerakkan secara sistematis, tak
hanya sporadis.
Amuk massa ini membuat para pemilik toko di kedua kota
tersebut ketakutan dan menulisi muka toko mereka dengan tulisan "Milik
pribumi" atau "Pro-reformasi". Sebagian masyarakat
mengasosiasikan peristiwa ini dengan peristiwa Kristallnacht di Jerman pada tanggal 9 November 1938 yang menjadi titik awal
penganiayaan terhadap orang-orang Yahudidan berpuncak pada pembunuhan
massal yang sistematis atas
mereka di hampir seluruh benua Eropa oleh pemerintahan Jerman Nazi.
Sampai bertahun-tahun berikutnya Pemerintah Indonesia
belum mengambil tindakan apapun terhadap nama-nama yang dianggap kunci dari
peristiwa kerusuhan Mei 1998. Pemerintah mengeluarkan pernyataan yang
menyebutkan bahwa bukti-bukti konkret tidak dapat ditemukan atas kasus-kasus
pemerkosaan tersebut, namun pernyataan ini dibantah oleh banyak pihak.
Sebab dan alasan kerusuhan ini masih banyak diliputi
ketidakjelasan dan kontroversi sampai hari ini. Namun umumnya masyarakat
Indonesia secara keseluruhan setuju bahwa peristiwa ini merupakan sebuah
lembaran hitam sejarah Indonesia, sementara beberapa pihak, terutama pihak
Tionghoa, berpendapat ini merupakan tindakan pembasmian (genosida) terhadap
orang Tionghoa, walaupun masih menjadi kontroversi apakah kejadian ini
merupakan sebuah peristiwa yang disusun secara sistematis oleh pemerintah atau
perkembangan provokasi di kalangan tertentu hingga menyebar ke masyarakat.
-
Masalah sosialnya adalah ratusan wanita keturunan Tionghoa yang
diperkosa dan mengalami pelecehan seksual dalam kerusuhan tersebut.
-
Solusi masalah yang diambil dari tragedi tersebut
adalah penegakan hukum yang jelas
meskipun itu sangat susah dilakukan, karena para oknum yang terlibat ditengarai
masih berkeliaran di tingkatan elit kekuasaan. Atau paling tidak Presiden
sebagai kepala negara harus mengakui dan meminta maaf atas tragedi ini kepada
masyarakat.
-
Pelajaran yang dapat diambil adalah akan tiba saatnya kebenaran dan keadilan
berdiri tegak di Indonesia. Akan ada masa di mana kita semua bisa hidup tenteram
tanpa rasa takut.
2. Salah satu tokoh yang menginsfirasi
saya adalah Nelson Mandela
Kisah hidupnya adalah perjuangan panjang melawan
sistem apartheid. Ia dipenjara puluhan tahun di Robben Island. Mandela, aktivis
gerakan demonstrasi, meruntuhkan apartheid dan presiden kulit hitam pertama
Afrika Selatan.
Dengan
penerapan sistem apartheid Afrika Selatan semakin diisolasi masyarakat
internasional. Sanksi perdagangan dan politik keuangan pada akhir 1980-an
menyulitkan pemerintah nasionalis. Tekanan dari protes di jalanan, larangan
mengikuti kejuaraan dunia serta pertandingan olimpiade menyebabkan pemerintah
dari Frederik Willem De Klerk akhirnya melakukan perundingan dengan Kongres
Nasional Afrika, ANC dengan syarat berakhirnya kekerasan tersebut.
Dalam pidato
di parlemen tahun 1990 Presiden De Klerk mengumumkan reformasi serta
berakhirnya pengasingan para aktivis. Nelson Mandela dibebaskan 11 Februari
1990 dalam usia 74 tahun, setelah ditahan 27 tahun. Ia berhasil melalui masa
penahanan tersebut karena tidak ragu akan misinya.
Ia lalu menerima Nobel Perdamaian
bersama dengan De Klerk. Tahun 1994 berlangsung pemilu yang bebas dan adil
untuk pertama kalinya di Afrika Selatan. Mandela terpilih sebagai presiden
kulit hitam pertama. Pemerintahnya mengakhiri sistem apartheid dan merintis
rekonsiliasi nasional.
Karena tokoh ini menginspirasi saya dia adalah sosok yang memperjuangkan persamaan
hak dan rasisme, meskipun perjuangannya harus dibayar dengan pengorbanan
dibalik jeruji selama 27 tahun, namun tiada dendam dihatinya dan terus berjuang
untuk kemanusiaan.
3. A. Cara
Mengubah Sampah Menjadi Energi Listrik
Sampah memang menjadi
masalah di kota besar di seluruh dunia., khususnya di Indonesia seperti
menumpuknya sampah di jalan - jalan protokol Kota bandung. Belum lagi konflik
antara pemerintah dengan warga yang lokasinya menjadi tempat pembuangan
akhir.
Di negara negara maju seperti Denmark, Swis, Amerika dan Prancis. Telah memaksimalkan proses pengolahan sampah. Tidak hanya mengatasi bau busuk saja tapi sudah mengubah sampah ini menjadi energi listrik, Khususnya di negara Denmark.
Teknologi pengolahan sampah ini untuk menjadi energi listrik pada prinsinya sangat sederhana sekali yaitu:
- - Sampah dibakar sehingga menghasilkan panas (proses
konversi thermal)
- - Panas dari hasil pembakaran dimanfaatkan untuk
mengubah air menjadi uap dengan bantuan boiler
- - Uap bertekanan tinggi digunakan untuk memutar bilah
turbin
- - Turbin dihubungkan ke generator dengan bantuan poros
- - Generator menghasilkan listrik dan listrik dialirkan
ke rumah - rumah atau ke pabrik.
Proses Konversi Thermal
Proses konversi thermal dapat dicapai
melalui beberapa cara, yaitu insinerasi, pirolisa, dan gasifikasi.
Insinerasi pada dasarnya ialah proses oksidasi bahan-bahan organik menjadi
bahan anorganik. Prosesnya sendiri merupakan reaksi oksidasi cepat antara
bahan organik dengan oksigen.
Pembangkit listrik tenaga sampah yang banyak
digunakan saat ini menggunakan proses insenerasi salah. Sampah dibongkar
dari truk pengakut sampah dan diumpankan ke inserator. Di dalam inserator
sampah dibakar. Panas yang dihasilkan dari hasil pembakaran digunakan
untuk mengubah air menjadi uap bertekanan tinggi. Uap dari boiler
langsung ke turbin. Sisa pembakaran seperti debu diproses lebih lanjut
agar tidak mencemari lingkungan (truk mengangkut sisa proses pembakaran).
Teknologi pengolahan sampah ini memang lebih menguntungkan dari pembangkit listrik lainnya. Sebagai ilustrasi: 100.000 ton sampah sebanding dengan 10.000 ton batu bara. Selain mengatasi masalah polusi bisa juga untuk menghasilkan energi berbahan bahan bakar gratis juga bisa menghemat devisa.
Teknologi pengolahan sampah ini memang lebih menguntungkan dari pembangkit listrik lainnya. Sebagai ilustrasi: 100.000 ton sampah sebanding dengan 10.000 ton batu bara. Selain mengatasi masalah polusi bisa juga untuk menghasilkan energi berbahan bahan bakar gratis juga bisa menghemat devisa.
B. Dampak Buruk Gadget
Pada Usia Dini
Kini dengan berkembangnya
jaman, anak-anak sudah tidak asing lagi dengan teknologi. Namun jika terlalu
dini teknologi diperkenalkan kepada anak, dampaknya akan menjadi kurang baik.
Teknologi memang menjadi
salah satu alat untuk memudahkan hidup kita. Dengan bantuan ponsel pintar atau
laptop yang canggih, hidup kita menjadi berbeda. Teknologi mempunyai dampak berbeda
bagi anak-anak. Di usia mereka yang masih sangat muda, teknologi dapat dengan
mudah membuat pribadi mereka menjadi sangat berbeda dengan anak lain pada
umumnya, maka kita harus memberikan pengenalan teknologi kepada mereka di usia
yang tepat. Jika tidak, efeknya akan berpengaruh ke kehidupan mereka nantinya.
Inilah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi kepada
anak di usia dini:
a. Terlalu Cepat Menjadi Dewasa
Anak-anak kecil yang terlalu cepat mengenal teknologi akan menjadi dewasa
sebelum waktunya. Contohnya kini bisa kita lihat bahwa anak-anak usia 8-10
tahun lebih tertarik ke konten-konten dewasa di sosial media. Anak-anak bisa
kehilangan kepolosan dan menjelajah banyak hal diluar pengertian mereka. Sebagai
tips untuk orang tua, Anda harus terus mengawasi penggunaan internet mereka.
Jangan biarkan mereka membuat akun di jejaring sosial sendiri hingga umur
tertentu yang dirasa sudah siap.
b. Menjadi Malas
Teknologi memang memudahkan kita. Tapi jangan biarkan teknologi membuat
anak-anak kita menjadi malas. Anak-anak seharusnya bermain-main dengan gembira
di luar rumah. Menikmati matahari dan mengenal lingkungannya. Pengenalan
teknologi yang terlalu dini bisa menyebabkan anak Anda menjadi pemalas. Mereka
akan lebih banyak menghabiskan waktu di sofa bermain video games. Ini akan
membuat anak Anda kehilangan kontak dengan teman mereka yang nantinya akan
berpengaruh di kehidupannya.
c. Belajar Kekerasan
Banyak jenis video games yang menunjukkan adegan kekerasan. Jangan meremehkan
hal ini karena anak bisa belajar meniru
dan mempraktekannya di kehidupan sehari-hari.
4. Mengolah Sampah Menjadi Uang
Sampah memang
merepotkan. Bila tidak dikelola dengan baik, sampah akan menjadi masalah.
Apalagi untuk kota besar seperti Jakarta. Pasalnya sepuluh juta penduduk
Jakarta menghasilkan sekitar 26 ribu meter kubik sampah per hari.
Ada satu cara atau bisa disebut juga usaha yaitu untuk
kebersihan lingkungan yang bisa menghasilkan keuntungan dan juga bisa membuat pemuda
di indonesia menjadi pemuda yang kreatif.
Modalnya hanya mau bekerja keras. Tidak perlu ijasah tanda
lulus sekolah. Penghasilannya lumayan, sekitar seratus ribu rupiah per hari.
Plastik yang sudah dipilih kemudian digiling di mesin penghancur. Hasilnya,
biji plastik, yang masih bisa digunakan mengapung di air.
Produk daur ulang seperti cutter dan penggaris ini, merupakan
sebagian kecil dari pemanfaatan sampah plastik. Dalam skala yang lebih besar
lagi, bahan baku plastik daur ulang juga digunakan untuk membuat mainan anak -
anak dan peralatan rumah tangga. Inilah cara untuk menjadikan sampah menjadi
barang yang berguna, sehingga dapat menghasilkan uang.
5. Diantara lingkungan
keluarga, teman dan kampus. Lebih nyaman di lingkungan teman, karena keseharian
kita atau waktu-waktu kita dihabiskan bersama teman, dilingkungan ini akan
terasa pahit dan manisnya hidup bersama teman.
- Arti penting bagi
hidup di lingkungan keluarga. Tentu saja keluarga yang terpenting dalam
berbagai aspek lingkungan. Karena kita dididik dan di arahkan kemana kita akan melangkah
di lingkungan keluarga.
- Arti penting bagi
hidup di lingkungan teman. Lingkungan teman dapat menimbulkan dampak positif
dan negatif. Sikap dan sifat kita akan teruji di lingkungan yang manakah
positif / negatif, dari lingkungan ini dapat mengambil banyak pelajaran hidup.
- Arti penting bagi
hidup di lingkungan kampus. Di sini adalah lingkungan dimana kita berpikir
secara dewasa. Kampus adalah tempat pendidikan untuk kedewasaan. Di lingkungan
ini kita di didik untuk menjadi dewasa, dimana bisa bersikap mandiri dan tidak
bergantung pada orang lain, lebih disiplin akan segala hal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar