Jumat, 23 Januari 2015

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Pengaruh Kenaikan Bbm Bersubsidi Terhadap Kondisi Daya Beli Masyarakat Kecil




A. Definisi BBM (Bahan Bakar Minyak)
Kata BBM sebenanrya tidak asing lagi bagi kita. Menyebutkan BBM setiap orang pastimengaitkannya dengan mesin karena tanpa BBM mesin tidak akan berfungsi, sehingga timbulanggapan bahwa yang berhubungan dengan BBM selalu ada kaitannya dengan mesin.
BBM adalah energi yang terbentuk dari fosil dalam perut bumi yang dapat diperbaharui :Komoditas BBM :
1) Avgas
2) Avlur 
3) Bensin
·Premium
·Pertamax
· Pertamax 
Plus4) 
Minyak tanah
5) Minyak solar 
6) Minyak diesel
7) Minyak bakar 
8) Biodiese
9) Pertamina Dex

Dari sekian banyak BBM, bensin dan minyak solar merupakan BBM yang paling vitalfungsinya. Di zaman modern ini, mobilitas manusia sangat tinggi, sehingga vitalnya bensin bagi perekonomian suatu negara sama vitalnya dengan darah bagi tubuh manusia. Karena tanpa bensin dan minyak solar dunia yang kita tempati ini seperti akan berhenti berdenyut.
B. Dampak Kenaikan BBM Bersubsidi Terhadap Masyarakat Kecil

Walaupun dampak kenaikan harga BBM tersebut sulit dihitung dalam gerakan kenaikaninflasi, tetapi dapat dirasakan dampak psikologisnya yang relatif kuat. Dampak ini dapatmenimbulkan suatu ekspektasi inflasi dari masyarakat yang dapat mempengaruhi kenaikan harga berbagai jenis barang/jasa. Ekspektasi inflasi ini muncul karena pelaku pasar terutama pedagangeceran ikut terpengaruh dengan kenaikan harga BBM dengan cara menaikkan harga barang- barang dagangannya. Dan biasanya kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakatterjadi ketika isu kenaikan harga BBM mulai terdengar.Perilaku kenaikan harga barang-barang kebutuhan masyarakat setelah terjadi kenaikanharga beberapa jenis BBM seperti premium (bensin pompa), solar, dan minyak tanah dari waktuke waktu relatif sama. Misalnya, dengan naiknya premium sebagai bahan bakar transportasi akanmenyebabkan naiknya tarif angkutan. Dengan kenaikan tarif angkutan tersebut maka akanmendorong kenaikan harga barang-barang yang banyak menggunakan jasa transportasi tersebutdalam distribusi barangnya ke pasar. Demikian pula dengan harga solar yang mengalamikenaikan juga akan menyebabkan kenaikan harga barang/jasa yang dalam proses produksinyamenggunakan solar sebagai sumber energinya.Begitu seterusnya, efek menjalar (contagion effect ) kenaikan harga BBM terusmendongkrak biaya produksi dan operasional seluruh jenis barang yang menggunakan BBMsebagai salah satu input produksinya yang pada akhirnya beban produksi tersebut dialihkan keharga produk yang dihasilkannya.
Kenaikan harga beberapa jenis BBM ini akan menyebabkankenaikan harga di berbagai level harga, seperti harga barang di tingkat produsen,distributor/pedagang besar sampai pada akhirnya di tingkat pedagang eceran. Gerakan kenaikanharga dari satu level harga ke level harga berikutnya dalam suatu saluran perdagangan(distribution channel) adakalanya memerlukan waktu (time lag). Tetapi, yang jelas muara dariakibat kenaikan harga BBM ini adalah konsumen akhir yang notabene adalah berasal darikebanyakan masyarakat ekonomi lemah yang membutuhkan barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari dengan membeli barang-barang kebutuhannya sebagian besar dari pedagang eceran,
biasanya kenaikan harga di tingkat eceran (retail price) ini lebih besar dibandingkan dengankenaikan harga di tingkat harga produsen ( producer price) maupun di tingkat pedagang besar (wholesale price).

Dampak ini hanya sebagian kecil saja yang terjangkau dari pandangan kita. Justru dampak tak langsung yang merupakan hasil multiplier effect dapat menyeret ke tingkat inflasi yangtinggi. Sumbangan inflasi dari BBM akan bertambah besar jika komponen BBM lainnya yangtidak ditetapkan pemerintah bergerak sesuai selera pasar. Tekanan inflasi akan semakin besar apabila pemerintah menaikkan tarif dasar listrik rata-rata.

Sepertinya rakyat harus menarik napas dalam-dalam menahan impitan .Kenaikan BBM ini telah menggenjot tingkat inflasi dan menjadi pemicu kenaikan harga-hargakebutuhan pokok lainnya. Contoh, penjual sayur-sayuran, menaikkan harga sayur-sayurannyalantaran ongkos transpornya dan harga sayur-sayuran dari petani sayur sudah naik. Begitu juga, penyedia jasa angkutan, secara serentak menaikkan ongkos transpor lantaran BBM yang digunakan sehari-harinya naik, bahkan kenaikannya melebihi dari kenaikan BBM itu sendiri.Penjual pakaian di pasar-pasar juga ikut menaikkan harga dagangannya dengan alasanharga pakaian dari industri pakaiannya sudah naik. Tak kalah serunya industri pakaian ini jugasecara otomatis menaikkan harga produknya karena biaya produksi naik lantaran ada sebagiankegiatan produksinya menggunakan BBM dalam jumlah besar. Belum lagi nanti kalau tarif listrik naik lantaran PLN dalam memproduksi listriknya juga menggunakan sebagian BBM.
Seluruh fenomena ini merupakan salah satu contoh akibat “air bah” pemicu inflasi yang
merupakan multiplier effect dari kenaikan BBM, karena BBM merupakan salah satu komponenstrategis dalam menggerakkan roda ekonomi seluruh aktivitas perekonomian di negara ini.Pada awalnya pengurangan subsidi BBM ini dimaksudkan untuk menciptakan keadilandalam pemberian subsidi untuk seluruh lapisan masyarakat karena selama ini pemberian subsidiBBM hanya menguntungkan masyarakat lapisan ekonomi kuat. Tetapi, pada akhirnya akibatkebijakan pengurangan subsidi BBM tersebut, yang menanggung kenaikan harga BBM adalahmasyarakat lapisan bawah. Program kompensasi yang dijanjikan pemerintah untuk membantumasyarakat ekonomi lemah akibat kenaikan BBM yang dimulai sejak bulan April 2000 tidak mengenai sasaran pada masyarakat yang membutuhkan.

Kesimpulan
BBM merupakan faktor bahan baku yang utama bagi sektor industri BBM merupakanfaktor bahan baku yang utama bagi sektor industri dan rumah tangga. Oleh karrna itu, kenaikanharga BBM selalu disertai dengan kenaikan harga-harga kebutuhan lain, karena. Sehinggadampak kenaikan harga BBM pasti akan sangat dirasakan oleh masyarakat luas, khususnyamasyarakat kecil.Untuk mengatasi masalah yang timbul dari kenaikan harga BBM, bagi para produsenadalah dengan cara meningkatkan kreativitas dalam bidang produksi, mencoba memberikan nilaitambah produk dari aspek yang tidak menjadikan harga naik, seperti aspek desain, model danaplikasi yang menarik. Hal ini perlu dilakukan agar harga produk tidak ikut naik terlalu tinggi.B.

Saran
Diharapkan agar pemerintah pada saat-saat selanjutnya dapat menjadikan kenaikan hargaBBM sebagai alternatif terakhir untuk menghemat anggaran belanja negara. Karena dampak yang ditimbulkannya akan sangat luas.

DAFTAR PUSTAKA
Mulyono, Rubrik Pembaca Menulis, Kompas Cybermedia, 20 April 2001.
Majalah Trend Data. Edisi Mei 2002.
Arya Yoga, Dampak Kenaikan Harga BBM . 2008.
http://reincarbonated.multiply.comJawa Pos Online, 30 Januari 2002.
 Mensiasati Dampak Kenaikan BBM Bagi Pengusaha Kecil 
.M. Lutfi Firdaus, “ Bensin, Cairan Penggerak Ekonomi Kategori Kimia Karbon”, dalam Kompas, 23 Juli 2009.
http://www.pu.go.id/publik/pengumuman/ subsidi-pkps-bbm-050907.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar